Masa Pandemi, Prodi S1 Ilmu Politik FISIP Universitas PGRI Palangka Raya melaksanakan Asesmen Lapangan Secara Daring

Tahun 2021, Prodi Ilmu Politik FISIP UPP melaksanakan asesmen lapangan dalam rangka visitasi re-akreditasi program studi secara daring, hal ini dikarenakan masa pandemi yang sepenuhnya belum berakhir. Hadir dalam proses asesmen lapangan ini kepala Program Studi Kurjunaidi, S.Sos., M.Hum dan Dosen Program Studi Ilmu Politik, tim penyusun borang fakultas dan program studi, serta beberapa mahasiswa dan alumni Program Studi Ilmu Politik FISIP UPP.
Jadi, pada proses asesmen lapangan ini kehadiran serta peran beberapa mahasiswa/i program studi Ilmu Politik sangat penting di butuhkan untuk di wawancara pada saat pelaksanaan zoom meeting berlangsung. Beberapa mahasiswa/i FISIP UPP ditempatkan terpusat di Ruang Lemlit UPP, untuk mempermudah koordinasi dapat mengakses zoom meeting dengan jaringan internet yang stabil. Ruang Lemlit UPP yang biasanya dapat ditempati sekitar 40-50 orang kali ini, hanya diisi tidak lebih dari 20 orang dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, jaga jarak dan tetap menggunakan masker.
Sebelum memasuki ruangan, saya menyempatkan diri untuk membersihkan sekitar halaman kampus. Lingkungan kampus terlihat sepi dikarenakan dampak dari Covid-19 yang belum usai, jadi kebanyakan mahasiswa memilih untuk belajar sistem online atau kuliah jarak jauh, berhubung saya ada kegiatan di kampus bersama teman dan dosen lainnya, saya menyempatkan diri untuk membersihkan halaman kampus sebentar, agar tetap terjaganya kebersihan dan keindahan kampus tercinta. Setelah saya melakukan kegiatan kebersihan di sekitar halaman kampus, sebelum memasuki ruangan terlebih dahulu saya mencuci tangan menggunakan sabun agar terhindarnya dari penyebaran virus Covid-19.
Hari ini adalah hari kedua kami dalam mengikuti Asesmen Lapangan secara Daring, Universitas PGRI Palangka Raya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Politik.
Visitasi re-akreditasi lapangan secara daring Prodi S1 Ilmu Politik FISIP UPP dilaksanakan selama dua hari, Rabu-Kamis, 27-28 Januari 2021 dengan Asesor Dr. Suranto, M.Pol dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Prof. Dr. Sri Zul Chairiyah, M.A dari Universitas Andalas.
Proses asesi dimulai dengan sambutan Rektor UPP Ana Suheri, SH., MH yang menyampaikan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh FISIP UPP. Disamping keunggulan lain dibidang kerjasama, pengabdian, prestasi mahasiswa dan para alumninya. Asesor dijelaskan oleh Dekan beserta Wakil Dekan serta para dosen lainnya terkait fasilitas-fasilitas yang tersedia, dilanjutkan dengan wawancara alumni dan mahasiswa. Prof. Dr. Sri Zul Chairiyah,M.A bertanya kepada masing-masing mahasiswa-mahasiswi program studi Ilmu Politik apa alasan kami lebih memilih jurusan Ilmu Politik. Kenapa kami lebih memilih mengambil jurusan Ilmu Politik ? Karena Ilmu Politik memiliki Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran diantaranya agar mahasiswa dan lulusan mampu mengolah dan menganalisis data Sosial-Politik. Progam Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas PGRI Palangka Raya juga mempunyai visi yang bertujuan untuk menjadi penyelenggara Program Studi unggulan yang menghasilkan lulusan berkarakter di bidang Ilmu Politik berlandaskan Kearifan Lokal pada tingkat Regional dan Nasional pada tahun 2025. oleh Siska

Tinggalkan Balasan