Pembelajaran Kegiatan Ekonomi di Masyarakat dan di Pasar

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu..
Salam sejahtera bagi kita semua..
Syalom..
Om Swastiastu, Namo Budaya, Salam Kebajikan..
Tabe Salamat Lingu Nalatai,
Salam Sahujud Karendem Malempang,
Adil ka Talino, Bacuramin ka Saruga, Basengat ka Jubata..

Hallo sahabat cerdas , apa kabar semuanya, semoga selalu sehat, tetap semangat, jaga kebersihan, tetap utamakan protokol kesehatan.

Perkenalkan nama saya Fransiska, saya mahasiswi dari Universitas PGRI Palangka Raya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Sosiologi.

Nahh.. jadi, kali ini saya akan membahas tentang kegiatan ekonomi di masyarakat dan di pasar.
Kegiatan ekonomi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan ekonomi terdiri dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Kegiatan produksi adalah kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Kegiatan produksi juga dapat dilakukan untuk menambah nilai guna suatu barang atau jasa. Contoh kegiatan produksi antara lain, pengrajin mebel yang merubah kayu menjadi kursi atau meja. Pengrajin mebel sedang melakukan kegiatan produksi karena sudah menghasilkan barang berupa kursi atau meja. Contoh lain kegiatan produksi adalah kegiatan pabrik konveksi. Dimana di dalamnya terdapat kegiatan memproduksi pakaian. Pengrajin mebel dan pabrik konveksi yang melakukan kegiatan produksi disebut sebagai produsen. Kemudian pakaian hasil produksi, disalurkan ke toko pakaian untuk dijual kepada konsumen. Kegiatan menyalurkan barang hasil produksi dari produsen kepada konsumen disebut sebagai kegiatan distribusi. Sedangkan pihak yang melakukan kegiatan distribusi disebut sebagai distributor, kemudian masyarakat akan membeli pakaian hasil produksi di toko pakaian. Kegiatan menggunakan atau menghabiskan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan disebut sebagai kegiatan konsumsi. Pihak yang melakukan kegiatan konsumsi disebut sebagai konsumen.
Nah, jadi sahabat cerdas.. pagi ini kita berjalan-jalan ke pasar, suasana pasar selalu ramai oleh penjual dan pembeli. Jangan lupa sahabat cerdas, tetap mematuhi peraturan pencegahan Covid-19 dengan menggunakan masker, jaga jarak, dan jangan lupa membawa Hand Sanitaizer sebagai pengganti cuci tangan. Sahabat Cerdas, apa sajakah yang dapat kita temui di pasar ? Di pasar, kita bisa menemukan penjual, pembeli, orang yang lalu lalang, bahkan pengamen.
Sahabat cerdas, masih ingatkah kalian, bagaimana sayur-mayur, buah-buahan, ikan lauk pauk, dan berbagai pangan, sampai kerumah kita ? Sahabat cerdas, sayur dan buah dapat sampai kerumah kita, awalnya, sayur ditanam dan dirawat oleh petani, yang bekerja keras disawah atau di kebun. Lalu, sayur didistribusikan ke pasar, kemudian dibeli oleh konsumen atau pembeli, dan sampailah dirumah. Dirumah, dengan kasih sayang seorang ibu, memasaknya untuk keluarga, diolah menjadi makanan sehat dan dapat menjaga sistem pencernaan. Sehingga, kita terhindar dari gangguan pencernaan.
Dipasar, banyak sekali aktivitas sosial yang terjadi, bertemunya penjual dan pembeli, saling tawar menawar, berbicara, menyapa, bahkan sebelum barang dagangan sampai dipasar hingga sampai kerumah kita, banyak aktivitas sosial yang terjadi. Dari perjalanan produksi, distribusi, hingga sampai di konsumsi.
Tahukah kalian apa itu aktivitas sosial ? Aktivitas sosial adalah kegiatan yang dilakukan bersama dengan masyarakat di lingkungan sekitar.
Kesimpulannya, adalah suasana pasar, begitu ramai oleh penjual dan pembeli. Jenis aktivitas yang dilakukan penjual adalah: menjual barang dagangannya. Jenis aktivitas yang dilakukan pembeli adalah pembeli membeli barang kebutuhan dari penjual di pasar.
Demikian materi tentang pembelajaran ekonomi. Kegiatan ekonomi terdiri dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Semoga pembelajaran kali ini bermanfaat, sehingga dapat memudahkanmu dalam memahami materi tentang kegiatan ekonomi. Selamat belajar, salam sehat. Oleh Siska

Tinggalkan Balasan