MEJA KURSI KAYU ULIN KALIMANTAN

Di indonesia Pohon ulin” dalam bahasa dayak Kalimantan Tengah banyak orang menyebut kayu (tabalien) merupakan salah satu tumbuhan asli indonesia yang dapat ditemukan dipedalaman hutan atau hulu sungai Kalimantan.
Karena terkenal kuatnya, kayu Ulin biasanya digunakan sebagai bahan baku utama untuk membuat rumah bagi warga Kalimantan yang bermukim di daerah rawa dan perairan. Bahkan,hampir semua bagian rumah dibuat dengan kayu kuat ini. Atapnya juga dibuat dari potongan tipis kayu ulin, disebut atap sirap. Kayu besi (Tabalien) ini juga dimanfaatkan sebagai bangunan kontruksi jembatan, tiang listrik, papan lantai, bantalan rel, pancang dermaga, saluran air, juga lambung kapal.

 

Di indonesia terdapat satu jenis pohon dengan kayu keras menyerupai besi, pohon ini dikena

l dengan nama “Kayu ulin bisa tetap utuh ratusan bahkan sampai ribuan tahun.

Bahkan jika terpendam di tanah tentu usianya lebih lama dibanding di udara terbuka, karena pengaruh cuaca. Tak heran jika di Kalimantan banyak ditemukan batang kayu ulin yang terpendam di tanah namun masih utuh sampai sekarang.

Tinggi pohon bisa mencapai hingga 35-50 m dengan panjang batang bebas cabang 5-20 m,

berdiameter 60-80 cm dan juga bisa mencapai hingga 120 cm yang pada saat ini semakin sulit didapatkan di hutan. Kayu ini juga tahan terhadap perubahan suhu, kelembaban dan pengaruh air laut sehingga sifat kayunya sangat berat dan khas, agak terpisah dari pepohonan lain dan dikelilingi jalur jalan melingkar dari kayu ulin. Di bagian bawah pohon ulin terdapat bagian yang berlobang. Pohon ulin yang ada saat ini memiliki tinggi 20 meter dan berdiameter 2,47 meter ini merupakan ulin terbesar di Indonesia, juga dunia. Pohon yang diperkirakan berumur 1.000 tahun ini menjadi bagian terluar dari Taman Nasional Kutai, hutan hujan tropis dataran rendah di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Ulin adalah salah satu jenis kayu hutan tropikal basah yang tumbuh secara alami di wilayah sumatera bagian selatan dan Kalimantan. Kayu Ulin juga tersebar di kawasan Asia Tenggara, seperti Pulau Sumatera, Bangka Belitung, Kalimantan Kepulauan Sulu, Sabah, Serawak dan Pulau Palawan di Filipina diawal tahun 1900-an sekarang kayu ini banyak kegunaannya dalam bangunan ,kosen,pintu,jendela kursi,

Kayu ulin merupakan kayu yang paling mahal di Kalimantan Tengah yang tekenal dengan produk kayu yang paling kuat ,dan tahan lama kayu ini banyak digunakan untuk tongkat rumah, dan rumah betang dan meja kursi bahkan tidak hanya pasaran dikota Palangka Raya dan perdesaan banyak juga import kelaut jawa bahkan keluar negeri seperti Filipina, Malaysia. Kayu ini sangatlah bagus bahkan 100 tahun tidak mudah jabuk atau dimakan rayap dan kokoh untuk bikin meja meja kursi kayu ulin harganya cukup mahal per kubik bisa sampai jutaan atau puluhan juta dan peminat kayu ini tidak akan menyesal membeli kayu ini sudah berkaualitas diseluruh Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan,

Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan negara-negara lain ada juga yang menggunakan kayu ini, dan diminati banyak konsumen terhadap produk-produk kayu tak lain karena kualitas yang dimilikinya. Selain pemilik ukiran yang indah, artistik dan unik untuk meja kursi kayu ulin, terbuat dari kayu pilihan dan memiliki konstruksi kuat sehingga lebih tahan lama. Tentu saja kelebihan tersebut bisa anda dapatkan jika memilih mebel yang tepat dan bejiwa seni ukir dan seni rupa.

KELEBIHAN MEJA KURSI KAYU ULIN
Untuk mendapatkan produk mebel yang bermutu tinggi dan berkualitas biasanya memilih kayu ulin yang sudah cukup tua, seperti pembuatan beragam produk meja atau kursi. Perlu diketahui bahwa produk mebel yang di produksi memiliki serat padat dan warna kayu kehitaman agak kemerahan yang menjadi ciri khas bahwa kayu tersebut sudah cukup tua.
Selain itu kayu- kayu yang dipilih pastikan bebas dari lubang yang biasanya tidaklah gampang untuk serangga mengerogoti kayu ini. Seperti yang diketahuai bahwa kayu ini tidak mudah dilubang-lubangi oleh serangga atau rayap dan tidak menutupi kemungkinan mebel kayu ulin tidak akan mudah cepat rusak. Hal ini tidak akan terjadi jika memasannya ditempat mebel yang benar-bener bagus pekerjaan sabar dan rapi; oleh Wowo

Tinggalkan Balasan