MANFAAT DAUN DOLAR FROM KALIMANTAN

Tumbuhan ini bisa digunakan sebagai salah satu jenis tanaman hias yang ada didalam ruangan karena tumbuhan ini tidak terlalu memerlukan cahaya matahari secara langsung. Selain itu tanaman dolar juga berfungsi untuk membuat tembok lebih bernilai artistic karena sifatnya yang merambat dan bisa menghias tembok rumah. Adapaun untuk tanaman dolar juga dikenal dengan nama ilmiahnya yaitu ficus pumila L.

KLASIFIKASI DOLAR

Klasifikasi tanaman dolar dalam sistem tumbuhan dapat diuraikan sebagai berikut dibawah ini:

Kingdom Plantae
Sub kingdom Viridiplantae
Infra kingdom Streptophyta
Divisi Trachophyta
Super divisi Embryophytina
Sub divisi Spermatophyta
Kelas Magnoliopsida
Super ordo Rosanae
Ordo Rosales
Family Moraceae
Genus Ficus L
Spesies Ficus pumila L

 CIRI MORFOLOGI DOLAR

Lebih lengkap dan jelasnya maka berikut dibawah ini akan menjelaskan karakteristik dari tanaman dolar yaitu;

  1. Akar

Akar merupakan bagian penting dari semua jenis tanaman, apabila tanpa arti akar maka semua jenis pohon tidak akan mengalami pertumbuhan. Bagian pertama yang akan kita bahas dari morfologi dolar yaitu akarnya. Tanaman dolar memiliki jenis akar serabut. Akar pada tanaman ini tersebar ke bagian batang dan memiliki warna cokelat.

  1. Batang

Bagian kedua dari tanaman dolar yang akan kita pelajari yaitu batangnya. Jenis batang poh

on dolar memiliki panjang sekitar 2 hingga 5 meter. Tanaman ini juga termasuk tanaman semak atau epifit. Dolar memiliki batang yang memanjat atau menjalar dan termasuk jenis batang berkayu. Bentuk batang yaitu bulat dan memiliki banyak cabang yang warnanya cokelat.

Pada bagian pangkal batang biasanya ukurannya akan membesar dengan sendirinya dan membentuk bonggol yang unik. Oleh karena itu bagian ini disukai banyak orang.

  1. Daun

Tanaman dolar memiliki jenis daun tunggal yang letaknya selang-seling. Bentuk daun dolar yaitu lonjong dan bagian tepi daun rata serta ujungnya runcing.

Daun memiliki panjang sekitar 5 sampai dengan 15 cm dan lebarnya yaitu  2 hingga 7 cm. Pertulangan daun tumbuhan dolar berbentuk meyirip dan bagian permukaannya bertekstur kasar. Selain itu daun juga memiliki bentuk yang simetris dan tebal karena mengandung air.

  1. Bunga

Definisi bunga pada tanaman dolar termasuk jenis bunga tunggal yang berumah satu. Bunga berjenis kelamin betina pada tanaman ini letaknya ada dibagian bawah, sedangkan bunga jantannya terletak di bagian atas dan warnanya putih.

  1. Buah

Pohon dolar mempunyai buah yang buni dan bentuknya mirip seperti gasing dengan diameter kira-kira 2,5 sampai dengan 6 cm. Warna buah pada tanaman ini yaitu hijau. Buah juga memiliki struktur biji yang bentuknya bulat dan ukurannya kecil serta berwarna cokelat.

MANFAAT TANAMAN DOLAR

Manfaat tanaman dolar untuk kesehatan diantarannya yaitu:

  1. Membuat pencernaan lebih sehat

Manfaat dari tanaman dolar yaitu bisa membantu pencernaan lebih sehat. Pada dasarnya pencernaan yang terganggu akan membuat rasa yang tidak nyaman pada tubuh karena perut akan merasa tidak enak. Beruntungnya kandungan senyawa yang ada pada tanaman dolar bisa membantu melancarkan pencernaan. Sehingga dengan mengkonsumsi dolar maka setidaknya bisa menghindari sakit perut seperti sembelit.

  1. Sebagai obat diare

Dolar juga bisa digunakan untuk pengobatan penyakit diare. Tentunya hal ini sangat berhubungan dengan manfaat pertama dari tanaman dolar yang sudah dijelaskan diawal tadi.

Permasalahan diare ini juga disebabkan karena pencernaan yang tidak baik, sehingga konsumsi dolar sangat disarankan agar bisa meredakan sakit diare. Obat ini juga termasuk obat yang alami dan tidak akan membahayakan bagi tubuh.

  1. Mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang berbahaya bahkan bisa menghilangkan nyawa seseorang. Oleh karena itu kanker harus dicegah agar tidak masuk dalam tubuh, karena jika tubuh sudah terjangkit kanker maka akan lebih sulit untuk disembuhkan.

Pencegahan kanker ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi daun tanaman dolar. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang ada pada pohon dolar bisa mencegah hidupnya sel-sel kanker yang ada pada tubuh.

  1. Sebagai anti bakteri

Pada dasarnya tubuh manusia memang mengandung bakteri dan ketika tidak kita jaga dengan baik maka bisa menimbulkan penyakit yang ada pada tubuh. selain itu bakteri jahat yang ada pada tubuh justru akan sangat merugikan dan merusak beberapa fungsi dari organ tubuh. Beruntungnya, tanaman dolar hadir sebagai jensi tumbuhan yang memiliki senyawa dan bisa digunakan untuk melawan dan membunuh bakteri jahat yang ada di tubuh. Oleh karena itu dengan adanya tanaman dolar setidaknya bisa kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan pada tubuh kita.

  1. Menangkal radikal bebas

Perlu kita ketahui semua bahwa radikal bebas dapat memberikan efek yang buruk dan menimbulkan berbagai permasalahan dalam tubuh. akibat radikal bebas yang paling utama yaitu bisa membuat diri atau kulit terlihat lebih tua.

 

Akan tetapi dengan kandungan antioksidan yang ada pada tanaman dolar ini, maka permasalahan tersebut bisa teratasi. Sehingga dolar menjadi salah satu cara alternatif untuk menjaga tubuh kita agar terhindar dari radikal bebas.

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Apabila anda menginginkan tubuh sehat dan bisa lebih terjaga agar bisa terhindar dari berbagai gangguan penyakit, maka mengkonsumsi daun dolar bisa menjadi solusi yang paling tepat. Kandungan yang sangat beragam dan juga senyawa antioksidan yang ada pada tanaman dolar ini bisa membuat tubuh semakin kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Sehingga dolar sangat membantu untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu cara yang alami ini juga memudahkan kita agar tidak perlu mengkonsumsi obat macam-macam sebagai sumber nutrisi untuk tubuh Anda.

 

CARA BUDIDAYA TANAMAN DOLAR

Berikut dibawah ini merupakan cara budidaya tanaman dolar yang bisa kita lakukan agar jenis tumbuhan ini terus berkembang dan bisa dimanfaatkan banyak orang:

  1. Persiapan bibit tanaman dolar

Sebelum melakukan penanaman maka bibit perlu disiapkan. Pastikan bahwa benih harus yang memiliki kualitas bagus agar hasil dari tanaman juga baik. Pembibitan bisa dilakukan mlalui dua cara yaitu membelinya ditoko atau mengambil dari tanaman dolar secara langsung.

  1. Persiapan lahan

Persiapan lahan pertanian tanam perlu dilakukan agar sesuai atau cocok untuk ditanami tanaman dolar rambat. Lahan yang bisa kita manfaatkan untuk penanaman dolar yaitu bisa disekitar tembok ataupun pagar. Tempat ini bertujuan agar bisa menghias dinding atau pagar rumah.

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengolah lahan yaitu seperti membuat lubang tanam, menyiapkan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang dan tanah liat. Selain itu penggemburan tanah juga harus dilakukan agar tanah menjadi lebih subur.

  1. Penanaman tanaman dolar

Langhkah selanjutnya yaitu penenaman dolar rambat. Penanaman bisa dilakukan  apabila bibit berusia kurang lebih 2 bulan. Berikut cara memindahkan bibit pada lahan tanam yang telah anda sediakan. Penanaman dilakukan dengan memasukan bibit kedalam lubang tanam yang sudah dipersiapkan. Setelah itu timbun kembali bibit dengan tanah agar tanaman bisa kokoh berdiri tegak.

  1. Perawatan tanaman dolar

Apabila penanaman sudah dilakukan maka langkah selanjutnya yaitu melakukan pemeliharaan pada tanama dolar. Perawatan yang perlu lakukan yaitu melakukan penyiraman secara teratur, memasang paku secara berkala untuk perambatan tanaman apabila diperlukan, pemupukan lanjutan dan penyiangan untuk mengatasi hama yang mengganggu dolar rambat.

 

 

TANAMAN DOLAR

Daun dolar atau daun Kratom yang berasal dari tanaman Kratom (Mitragyna speciosa), dikenal sebagai daun ajaib asal Kalimantan yang menjadi komoditas ekspor ke Amerika Serikat (AS) sebagai konsumen utamanya. Sayangnya, kurangnya uji klinis menciptakan kontroversi akan manfaat daun ini.

Dilansir dari Dw.com, tanaman kratom banyak ditemukan di daerah pedalaman Kalimantan, dan sudah dikonsumsi selama berabad-abad di Asia Tenggara dan Papua Nugini. Tanaman yang berasal dari keluarga kopi (Rubiaceae) ini memang memiliki efek stimulasi dan penghilang rasa sakit.

Selain itu, sebagian orang meyakini kratom sebagai daun ajaib untuk mengatasi berbagai hal mulai dari kecanduan opioid hingga gangguan kecemasan. Kontroversi bermula dari kerisauan beberapa regulator kesehatan tentang keamanan konsumsi tanaman ini. Daun kratom di anggap dapat menstimulasi bagian reseptor otak seperti morfin, meskipun menghasilkan efek yang jauh lebih ringan. Meski demikian, literatur ilmiah tentang efek dan toksisitas atas daun ini masih sangat jarang.

Laman Badan Narkotika Nasional (BNN), menyebut bahwa cara masyarakat lokal mengonsumsi daun kratom yakni dengan mengunyahnya dalam bentuk segar, lain itu diolah untuk dijadikan serbuk, lalu kemudian diseduh menjadi teh. Dalam dosis rendah, seperti dijelaskan Pusat Pemantauan Obat dan Kecanduan Narkoba Eropa (EMCDDA), daun kratom dikatakan memiliki efek stimulan untuk memerangi kelelahan selama jam kerja yang panjang, bahkan bisa menjadi penambah energi, membuat pengonsumsinya lebih waspada, dan lebih mudah bersosialisasi.

Sementara pada dosis tinggi dapat memiliki efek sedatif (obat penenang), menghasilkan efek euforia, menumpuk emosi, serta memberikan sensasi. Bahan aktif dalam daun kratom adalah alkaloid mitragynine dan 7-hydroxymitragynine. Alkaloid ini dikatakan dapat memiliki efek analgesik (menghilangkan rasa sakit), anti-inflamasi, atau relaksasi otot. Karena alasan ini, daun kratom sering digunakan untuk meredakan gejala fibromyalgia (penyakit yang ditandai oleh rasa nyeri di sekujur tubuh, disertai rasa lelah dan gangguan tidur).

MENCIPTAKAN POLEMIK

Sejak lima tahun belakangan, daun kratom tengah menjadi polemik antara peneliti dan pembuat kebijakan. Sementara para peneliti masih terus melakukan riset untuk memastikan efek samping penggunaan daun kratom, para pemangku kebijakan malah takut daun kratom disalahgunakan. Dalam Indonesia.go.id, ditulis bahwa BNN sedang menimbang untuk memasukkan daun kratom sebagai obat-obatan Golongan I. BNN meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengklasifikasikan daun kratom sebagai psikotropika, satu golongan dengan heroin dan kokain. Hal itu disebut karena kinerjanya dianggap sama seperti morfin. Sementara AS melalui Drug Enforcement Administration pun pernah menilai kratom sebagai salah satu obat-obatan yang cukup berbahaya. Bahkan, pada 2016, lembaga itu mengusulkan daun kratom menjadi obat-obatan yang setara dengan heroin, LSD, dan MDMA.

Masyarakat Putusibau, Kapus Hulu, Kalimantan Barat, dan beberapa wilayah di Kalimantan, nyatanya sudah mengonsumsi daun ini sebagai obat herbal dan meningkatkan produktivitas kerja, serta menjaga stamina serta menghilangkan capek saat bekerja. Secara fisik, pohon kratom termasuk pohon perdu dengan daun yang berwarna hijau muda dengan pangkal daun kemerahan. Tanaman ini pun dikatakan mudah tumbuh di daerah dengan tanah yang sedikit basah. Untuk menyemai tanaman kratom, biasanya hanya dilakukan penanaman melui biji dan jika sudah tumbuh bisa menjulang hingga tujuh meter. Daun ini biasanya dikeringkan dan dihancurkan atau dijadikan bubuk. Bahkan untuk membuat warnanya menjadi sangat hijau atau cokelat muda, daun ini juga dicampur daun lain. Umumya kemasan bubuk daun kratom bisa berbentuk pasta, kapsul, atau tablet.

KESIMPULAN

Polyphenol dan juga flavonoid adalah kandungan zat antioksidan yang banyak terdapat pada tanaman daun, salah satunya adalah tanamn teh hijau. Kandungan ini merupakan kandungan yang memberikan manfaat untuk membantu mengurangi kadar radikal bebas di dalam tubuh, dan menangkalnya. Jadi, apabila kita lihat dari kandungannya, maka bisa disimpulkan, bahwa tanaman atau daun dollar ini tidak akan menyebabkan leukemia atau kanker apapun, malahan tanaman dollar ini mampu mencegah terjadinya kanker, akibat kandungan antioksidan di dalamnya. Selain itu, tidak ada penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa kandungan yang berada di dalam tanaman dollar ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang sangat parah seperti kanker. jadi, tanaman dollar ini sangat aman, dan juga tidak berbahaya. oleh Chici Nanda

Tinggalkan Balasan