PENDIDIKAN POLITIK DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DESA MEKAR JAYA

Main Article Content

Tutik Haryani Universitas PGRI Palangka Raya, Indonesia
Seto Hadi Universitas PGRI Palangka Raya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan; a) Untuk menggambarkan dan menganalisa pendidikan politik dan pengaruhnya terhadap partisipasi politik masyarakat di Desa Mekar Jaya Kecamatan Parenggean berdasarkan latar belakangnya. b) Untuk menggambarkan dan menjelaskan bagaimana dan sampai dimana partisipasi politik masyarakat Desa Mekar Jaya Kecamatan Parenggean dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. c) Untuk mengetahui bagaimana serta apa saja faktor yang mempengaruhi partisipasi politik masyarakat di Desa Mekar Jaya Kecamatan Parenggean.


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana partisipasi masyarakat pada pilpres 2019, di Desa Mekar Jaya Kecamatan Parenggean.


Hasil Penelitian: a) Pendidikan serta partisipasi politik masyarakat di Desa Mekar Jaya Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timu Terbilang kurang baik karena kurangnya masyarakat ikut serta dalam menggunakan hak suara mereka diakibatkan tingkat pendidikan serta partisipasi politik masyarakat di Desa Mekar Jaya tersebut kurang memahami apa itu pesta demokrasi yang sebenarnya, mereka lebih memilih golput tidak menggunakan hak suara nya di bandingkan ikut serta dalam pemilihan. b) Faktor- faktor yang mempengaruhi partisipasi politik yang kaitannya dengan konteks sosial. Kongkretnya, memilih seseorang dalam pemilihan umum dipengaruhi latar belakang demografi dan sosial ekonomi, seperti jenis kelamin, tempat tinggal (kota-desa), pekerjaan, pendidikan, kelas, pendapatan dan agama. Faktor fisikologi merujuk pada persepsi pemilih atas partai-partai yang ada atau keterkaitan emosional pemilih terhadap partai tertentu serta faktor pendekatan rasional melihat kegiatan memilih sebagai produk kalkulasi untung dan rugi.

Article Details